Ibu


Ngomongin tentang ibu, pasti semuanya tau dong bahwa ibu adalah seseorang yang telah melahirkan kita, merawat kita, mendidik serta membesarkan kita sehingga kita bisa hidup seperti sekarang ini. 

Perlu diketahui bahwa perjuangan seorang ibu sudah dimulai bahkan sebelum kita dilahirkan ke dunia. Seorang ibu harus mengandung kurang lebih selama sembilan bulan. Selama sembilan bulan itulah perjuangan berat seorang ibu sangat diuji. Di mulai dari rasa mual yang begitu hebat yang hampir dirasakan setiap hari, turunnya nafsu makan, nyeri sendi, sakit pinggang dan beberapa penderitaan lainnya. Belum lagi ketika tiba saatnya kita dilahirkan, seorang ibu harus bertaruh nyawa untuk bisa melahirkan kita dengan selamat. Di titik itulah seorang ibu merasa paling dekat dengan kematian.

Setelah kita dilahirkan, masih ada lagi perjuangan bagi seorang ibu yang tak kalah berat. Beliau harus menyusui kita baik siang maupun malam. Capek, letih, pedih, kantuk, hampir tak dirasa sebagai wujud kasih sayangnya kepada kita. Berikutnya lagi masih ada rangkaian tugas dan kewajiban yang tak ada habisnya, yaitu mendidik yang telah dilahirkan agar mampu survive di dunia, juga sukses di akhirat.

Lalu apa yang sudah kita berikan bagi ibu yang super itu sebagai balasan atas jasa-jasanya?

Kita berkata tak ingin membuatnya terluka, tapi kenapa masih saja suka durhaka? Tak bisa melihatnya sedih, tapi kenapa masih saja menebar pedih? Ingin membuatnya bangga, tapi kadang kita malah sering murka. Sepertinya tidak salah jika ada ungkapan yang mengatakan "Kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah".

Sekarang saja kita belum menjadi apa-apa, tapi ketika ibu butuh sedikit pertolongan kita, dengan lantang kita jawab : "Nanti kalau ada waktu ini lagi sibuk". Sedangkan dulu ibu kita melakukan apapun penuh ikhlas, tulus, serta cinta kasih bahkan tanpa kita harus mengiba.

Untuk itu, terima kasih tak terkira untukmu ibu. Maaf untuk segala luka yang tercipta olehku.

Happy Mother Day...

Ieng Gutawa

Pemimpi yang berusaha mengubah paradigma. Menghargai yang sederhana dengan istimewa. Jalani hidup penuh yakin, percaya dan do'a.

Post a comment

0 Comments