Oplosan Itu Ternyata Baik Bagi Manusia Lho...


Belakangan ini marak sekali yang namanya mabuk. Kalo jaman dulu seingat saya jenis lain selain mabuk alkohol ya mabuk janda sama mabuk judi, tapi kalo sekarang udah lebih kece dan kekinian, mabuk OPLOSAN. Sebenernya saya juga sering sih mabuk-mabukan, terutama kalo pas lagi naik angkot menghadap ke belakang. Hehehe...

Yang saya tau, minuman oplosan itu minuman keras (biasanya yang harganya murah) yang dicampur dengan berbagai macam zat kimia berbahaya, seperti : obat nyamuk, spirtus, bahkan bensin. Katanya sih biar maboknya anti mainstream. WHAT??? Anti mainstream katanya??? Kalo pengin mabok anti mainstream yang murah mah jangan mabok oplosan, mabok aja pake air kobokan.

Biasanya sih korban minuman oplosan ini dari kalangan menengah ke bawah. saya sendiri suka sedih dengernya. Udah menengah ke bawah, duit bukannya buat beli-beli yang bermanfaat malahan buat beli minuman oplosan. Nikmatnya sebentar, ujung-ujungnya disholati bersama sama sanak sodara dan tetangga. Udah gitu masuk TV gara-gara mabok oplosan atau yang lebih parah ya berita kematian akibat menenggak minuman oplosan, kan gak elit ya? Dan mirisnya lagi, korbannya bukan cuma para orang dewasa, tapi juga anak-anak bau kencur, malahan pernah denger ada remaja putri juga. Astaghfirullah...

Kalo saya pribadi sih, memandang OPLOSAN adalah sesuatu yang mendidik, WHY???? Maksud saya bukan minuman oplosan yang bikin maut itu yah, tapi lagu dangdut yang berjudul OPLOSAN. Sejujurnya saya gak tau pasti siapa penyanyi asli dan siapa penciptanya. Tapi yang pasti lagu ini adalah satu-satunya lagu dangdut yang saya sering kupingin, dan satu-satunya lagu dangdut yang selalu ada di playlist musik saya.

Saya sih pede aja bersenandung lagu oplosan di mana-mana, lagi kerja nyanyi, lagi masak nyanyi, lagi di toilet nyanyi, bahkan kalo lagi nyanyi saya pasti nyanyi (Apaan sih..). Selain irama musiknya yang enak, yang pasti adalah pesan moral yang ada di dalamnya. Kalo menurut terjemahan dari kamus pribadi saya, lagu ini menggambarkan tentang akibat bagi para peminum minuman setan ini. Selain ngasih tau kita bahwa minuman ini dapat merusak otak dan pikiran, lagu ini juga menggambarkan bagaimana dahsyatnya minuman oplosan sampai membuat para manusia bergelimpangan, kelesetan, dan ujung-ujungnya di bawa pake ambulan. Pokoknya lagu ini menyarankan kita buat menjauhi minuman setan ini biar umuranya panjang.

“Tutupen botolmu, tutupen oplosanmu, emanen nyawamu ojo mbok terus-teruske, mergane ora ono gunane..."

Nah lho ketauan... pasti pada ikutan nyanyi ya? Hehehe. Nah, itu dia lirik yang paling saya suka. Tapi dari keseluruhan liriknya sebenernya saya suka sih. Sederhana tapi pesannya bagus banget. Intinya sih, jangan deh ya sekali-kali mendekati yang namanya oplosan, ora ono gunane gaes... Cuma ngerusak hidup kalian doang.

Ngomongin oplosan... Hati-hati buat kalian yang abis putus cinta, ayo dong semangat. “Tutupen hatimu, tutupen harapanmu, emanen nyowomu ojo mbok terus-teruske, mergone ora ono gunaneee” Hahaha... Sorry agak maksa. Intinya, relakan dia bersama yang lain gaes... Dan pesan saya, jangan terlalu jauh memandang, nanti kamu bisa jatuh gara-gara kesandung kenangan... kan kasian. Hehehe...

Anggi Pamungkas

Working Mom, bathroom singer.

Post a comment

0 Comments